Sabtu, 04 Mei 2013

Cara untuk Menemukan Passion / Keinginan :)

Kla...:)     ada 3 cara yang mungkin akan amat membantu kita untuk paham apa itu passsion; dan juga paham bagaimana cara menemukannya.

Jalan # 1 : Most Probably, Your Hobby is Your Passion.
Sejatinya ada sebuah cara yang amat sederhana untuk mengetahui passion km. Cukup tanyakan pada dirimu: apa hobi yang selama ini saya senangi?
Begitulah; kita kemudian mendapatkan serangkaian jawaban yang luas : ada yang hobi bersepeda ke gunung, ada yang suka membaca, ada yang senang browsing internet (hingga berjam-jam), ada yang suka mengkoleksi barang-barang kuno dan jadul; ada yang hobi traveling; dan ada pula yang suka memasak, berkebun, dll....pokoknya banyakkk dehhh :)
Hobi atau kesenangan itu pada dasarnya memberikan sinyal atau indikasi apa sebenarnya passion km. Namun sayangnya selama ini hobi diperlakukan hanya sebatas just for fun. Dan memang, agar hobi km itu bisa disebut the real passion, maka kita mesti melewati jalan kedua.

Jalan # 2 : Passion = Transforming Your Hobby into Real Creation.
Yak benar, agar bisa disebut the real passion, maka hobi itu harus ditransformasikan menjadi sesuatu yang nyata.
Maka begitulah : Contoh...jika ada yang suka traveling, maka mestinya ia bisa berinovasi merancang perjalanan wisata  ke wilayah-wilayah paling eksotis di nusantara. atau yg suka masak...bisa membuat inovasi masakan/kuliner yg sehat minimal utk dipersembahkan kepada keluarga tercinta. atau yg suka melukis, nantinya hasil lukisannya (apapun bentuknya) bisa diperlihatkan kpd teman2nya, keluarganya atau pada siapa saja yg memilki jiwa seni....dan masih banyak hobi2 bermanfaat lainnya.


Ringkasnya mungkin begini : passion adalah hobi yang indah & menyenangkan. Dan mungkin benar kalau ada orang yang bilang : tak ada yang lebih indah selain bisa menjalani hobi kita sendiri.

Jalan # 3 : Passion = Freedom.
Pengalaman yang saya temui, passion biasanya hanya akan menyeruak ketika kita memperoleh freedom; atau kebebasan berkreasi yang relatif luas. Batasan-batasan aturan atau prosedur yang terlalu ketat biasanya akan membuat passion kita redup.
Tak ada orang yang mengatur-atur km untuk melakukan ini dan itu. Juga tak ada batasan sejauh mana km bisa berkreasi.
Freedom adalah kata kunci yang membuat kita bisa menjalani hobi kita menjadi sebuah karya yang produktif. Dan kemudian menjelma menjadi passion yang mengasyikkan.
Demikianlah tiga jalan yang bisa kita racik untuk menemukan passion yang selama ini mungkin lenyap entah kemana.
Rumusnya sederhana : Passion = Hobby + Productive Results + Freedom. Mudah-mudahan dengan rumus simple ini, kmbisa menemukan, memunculkan ke permukaan dan MEWUJUDKAN passion/hobby km yg terpendam kla .... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar