Sabtu, 04 Mei 2013

Cara Mengatasi Keraguan jilid 2 :)

Kla :) ..... Rasa ragu muncul ketika km belum yakin terhadap sebuah pilihan, dan juga tindakan. Rasa ragu adalah hal yang wajar, karena km pun tidak bisa begitu saja memutuskan sesuatu hal tanpa pemikiran yang panjang. Tapi bagaimana jika ragu-ragu ini menjadi sebuah penyakit bagi km. Tidak hanya sekali, tanpa sering kali km meragukan hal-hal yang ada disekitar km. Akhirnya membuat km menjadi tidak mudah percaya kepada orang lain.
Kata-kata seperti “Saya ragu dia bisa melakukan itu”, atau “Saya ragu untuk hal satu ini.” Sebenarnya apa yang membuat km ragu ? Data yang tidak akurat, kebenaran yang masih samar-samar, atau anda tidak percaya diri ? ............. Berikut saya coba sharing bagaimana cara sederhana gmn  mengatasinya kla :)
 
  1. Optimis
Hal yang membuat km yakin akan pilihan anda adalah optimis. Yakinlah bahwa pilihan km benar dan akan membuahkan keberhasilan bagi diri km. Sebaliknya dengan pesimis, km tidak akan yakin pada pilihan km dan berpikir bahwa hal itu akan menjadi sebuah kegagalan bagi diri sendiri.
  1. Hindari kepanikan
Umumnya saat panik, orang tidak bisa berpikir dengan baik. Sehingga terkesan memutuskan sesuatu hal dengan terburu-buru. Padahal, akan lebih baik jika km panik, luangkan waktu sekejap untuk menenangkan pikiran dan juga diri km. Sehingga, akan lebih rileks juga dalam mengambil keputusan tersebut.
  1. Belajar dari pengalaman
Apa yang sudah pernah km alami sebelumnya, jadikanlah hal itu sebagai pelajaran berharga bagi km. Sehingga, tidak mengulang kesalahan untuk kedua kalinya. Dengan pengalaman, km akan lebih mengerti situasi, dan tahu, bagaimana harus menghadapinya.
  1. Dapatkan kejelasan yang pasti
Jangan memutuskan sesuatu sebelum mendapatkan kejelasan yang pasti. Lebih baik menunggu sedikit lebih lama demi mendapatkan kepastian itu. Sebaiknya, data yang belum akurat, jangan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
  1. Selalu up-to-date
Dengan selalu Up To Date alias tidak ketinggalan berita, km tentunya akan lebih bisa mengerti sebuah keadaan. km tidak perlu takut dibohongi apalagi ditipu oleh rekan sendiri.
  1. Percaya diri
Point inilah yang akan membuat km terhindar dari perasaan ragu-ragu. Dengan rasa percaya diri yang kuat, sama artinya dengan km percaya akan kemampuan dan keputusan yang telah km buat.
  1. Cek kepribadian
Bagi km yang merasa bahwa keraguan-raguan ini berlangsung cukup lama dan sering, sebaiknya cek kepribadian km. Apa yang salah dengan diri km, apa ada trauma yang masih menghantui km? Atau kenangan buruk di masa lalu yang belum terlupakan? Sebaiknya, Lakukan beberapa terapi agar pola pikir dan kepribadian km bisa berkembang menjadi lebih baik. Dan lebih yakin terhadap diri km tentunya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar